Kini, Udah Saatnya Kita Tahu Cara Baru Cari Kerja!

Jumat, Desember 04, 2020
cara baru cari kerja via ekrut.com



Sebelumnya, pasti kita sudah mengenal istilah job portal atau job site kan? Kalau ada yang tanya di mana tempat cari info kerja, sebagian besar orang akan merekomendasikan Jobstreet, Jobsdb, JobsID atau lainnya. Selain itu, tentu banyak sekali cara kita untuk mencari tahu informasi seputar lowongan kerja. Baik dari sisi pelamar ataupun perekrut, semua butuh wadah yang dapat mempertemukan keduanya sehingga permintaan dan penawaran kerja terjadi adanya suatu kecocokan.

Memasuki era transformasi digital, tentu perkembangan inovasi dalam hal pencarian kerja juga ikut berdampak mengalami pembaruan. Jika sebelumnya istilah job portal tidak asing ditelinga kita, kini ada metode baru yang ditawarkan di era industry 4.0  untuk cari kerja Indonesia, yaitu Talent Marketplace.

Apa yang terbayangkan di benak saat pertama kali mendengarnya?

Mungkin kita langsung berpikir seperti halnya marketplace pada umumnya yang sering kita gunakan untuk berbelanja berbagai kebutuhan. Yup! Umumnya, marketplace adalah wadah bagi para pembeli untuk menemukan produk yang mereka butuhkan dan penjual yang menawarkan produknya. Seperti halnya e-commerce yang kita tahu, hanya bedanya ada pada “produk” yang ditawarkannya. Untuk lebih jelasnya, terus simak artikel ini, ya!


APA ITU TALENT MARKETPLACE?

Adalah platform perekrutan yang menggunakan teknologi dan jaringan perekrut untuk menyediakan perekrutan yang lebih cepat dan lebih baik dengan sistem kerja digital yang serupa dengan e-commerce. Pencari kerja dapat memaparkan “produk” berupa talenta (skills, knowledge, etc) serta berbagai pengalaman yang dimilikinya yang disajikan dalam bentuk CV dan perekrut dapat menemukan profile mereka. Jika terjadi kecocokan maka perekrut akan menghubungi kandidat yang sedang mereka cari. Salah satu situs cari kerja Indonesia dengan sistem Talent Marketplace adalah Ekrut.com yang lebih berfokus pada Digital Talent Recruitment.


APA YANG MEMBEDAKAN TALENT MARKETPLACE DENGAN JOB PORTAL?

Talent : tidak perlu apply ke sana kemari

Jika sebelumnya di job portal para pencari kerja diharuskan mencari dan apply ke berbagai lowongan yang tersedia, TIDAK di talent marketplace. Sebab kamulah “produk yang dicari”. Jika bisa ditemukan, kenapa harus lelah mencari?

Employer : Tidak random menerima CV

Bagi perekrut, pasti merasa sebal apabila sudah capek dan lelah memasang iklan dengan bahasa paling efektif sekalipun apalagi membayarnya, namun CV yang masuk ternyata masih jauh dari harapan karena peluang kandidat yang sekedar ingin coba-coba atau tebar CV secara acak. Di Talent Marketplace, hal itu tidak terjadi. Employer hanya tinggal mencari dan memilih kandidat yang sesuai kriteria dan menghubunginya atau dengan kata lain tidak perlu keluar biaya untuk CV yang tidak masuk kriteria.

 

LEBIH LANJUT TENTANG EKRUT.COM

Sekarang sudah terbayang, kan ? Apa itu Talent Marketplace? Sebagai salah satu Talent Marketplace di Indonesia, Ekrut yang didirikan tahun 2016, telah berfokus pada kandidat teknologi berketerampilan tinggi atau Digital Talent dengan minat atau pengalaman dalam Pemrograman, Data, Desain, Produk, dan Pemasaran Digital sejak hari pertama. Singkatnya, sebagian besar pekerjaan programmer diunggulkan untuk penggunaan talent marketplace ini.

Untuk Employer : Manfaat eksklusif dari paket platform EKRUT

  • Kelola kandidat dengan mudah menggunakan sistem pelacakan
  • Mendapatkan saran skills dan budget berdasarkan data market
  • Dapat langsung diakses oleh recruiter
  • Dibantu konsultan Ekrut

Talent : 5 Hal tentang Bagaimana Ekrut bekerja

  • Complete Your profile
  • Pass Our Requirements
  • Connect With Our Consultant
  • Get Interview Over
  • Choose a Job You Love

 

Baca Juga Artikel : Benarkah Transformsi Digital di Perusahaan Menuntut Peran HR ke Dalam Digital Talent Recruitment?


CARA REGISTRASI UNTUK TALENT


  1. Buka Ekrut.com
  2. Klik Register sebelah kanan atas, kemudian isi data pada Register as Talent

  3. Isi semua data yang dibutuhkan, kemudian Klik Register
  4. Apabila telah memiliki akun Linkedin, dapat juga pilih Register with Linkedin pada tahapan sebelumnya. Kemudian ikuti tahapannya dan klik Izinkan
  5. Lalu masuk pada halaman Dashboard, kemudian lengkapi informasi yang ada di sebelah kiri

  6. Lengkapi Personal Information, klik Edit

  7. Tampilannya akan nampak seperti berikut

  8. Lengkapi semua data yang ada, seperti berikut juga Edit Working Experience

  9. Edit Add Education juga jangan ketinggalan

  10. Untuk lebih lengkapnya silakan masuk halaman berikut Register as Talent
  11. Untuk perusahaan/recruiter dapat masuk ke halaman Register as Employer

Untuk saat ini memang Ekrut lebih berfokus pada talen-talent digital, jadi tunggu apa lagi? Sudah jelas, kan? Semoga Anda mendapatkan kesempatan baru!


You Might Also Like

0 comments

Pengaturan komentar ini menggunakan moderasi. Harap bersabar ya. Terima kasih atas komentar yang dikirimkan.

Dapoer Sate Maranggi Seeu Haah

OFFICIAL WEBLOG OF

OFFICIAL WEBLOG OF
Provides you with information about Human Resource, Business, and Personal Development