3 Cara Menyusun Resolusi Tahun 2021 Paling Simpel, Apa resolusimu?

Jumat, Januari 01, 2021





Pergantian tahun kalendar masehi dari 2020 menjadi 2021 adalah hal yang tidak dapat dihindari oleh seluruh warga dunia. Siap atau tidak, suka atau tidak, pergantian tahun ini tetap terjadi. Setiap orang berhak untuk menyambutnya dengan cara yang berbeda dari masing-masing orang. Ada yang mempergunakannya untuk berkumpul bersama keluarga di tengah situasi pandemic covid yang masih berlangsung, ada yang mengikuti doa bersama melalui media online baik itu zoom meeting, google meet, ataupun LIVE streaming di youtube, ada yang tetap berani untuk bepergian ke luar kota, ada yang masih tetap disibukan dengan pekerjaannya, ada yang hanya di rumah sendiri, ada yang mengadakan acara bakar-bakaran, ada yang beribadah sepanjang malam, ada yang nonton film online, ada yang baca buku, ada yang menulis, ada yang rebahan sambal scrolling di social media, ada yang masih tetap berjuang melawan virus corona, bahkan ada yang sudah tidur. Semua orang memiliki caranya masing-masing dalam menyikapi malam pergantian tahun tersebut. 

Namun yang lebih penting dari itu semua adalah kita perlu menyambut dan mempersiapkan masa depan harapan yang baru, yang kita semua tahu dan alami bersama sepanjang tahun 2020. Seluruh dunia berjuang melawan corona virus, dengan berbagai protocol kesehatan yang harus dipatuhi, bisa dikatakan bahwa tahun 2020 adalah tahun yang penuh dengan ujian kesabaran dan keihklasan. Apa yang terjadi di tahun tersebut tidak dapat dihindari dan kini kita perlu untuk kembali menata kehidupan atas rencana-rencana yang mungkin sempat tertunda sepanjang tahun tersebut serta memperbaikinya supaya menjadi orang yang lebih baik lagi. Setuju? 

Menutup lembaran tahun 2020, mari kita ikhlaskan dan tetap syukuri atas nikmat yang sudah Allah berikan pada kita. Nah, apakah Anda sudah menyusun resolusi tahun 2021? Eits, tapi sebelumnya apa sih arti kata resolusi itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 

Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. 
Dalam hal ini, resolusi 2021 berarti tuntutan akan hal-hal yang ingin kita gapai sepanjang tahun 2021. Berikut tips-tips yang dapat diterapkan dalam mencapai resolusi tersebut.

  1. Buatlah resolusi jangka pendek, menengah, dan panjang
    Kalau kamu punya rencana dan hanya tersimpan dalam kepala. Apa yang akan terjadi? Yups! Kemungkinan besar Anda akan perlahan melupakannya dan berpindah haluan untuk hal lain yang kemungkinan dijumpai. Kalau Saya pribadi percaya akan hal apapun yang tertulis, insyaAllah akan menjadi nyata satu per satu. Atau paling tidak langkah kita perlahan dituntun untuk mendukung dan menjadikan hal itu dapat terwujud. Jika ada 12 bulan maka kita bisa tuliskan untuk jangka pendek per-periode 4 bulan, yaitu antara Bulan Januari –April. Kemudian jangka menengah Mei-Agustus, dan terakhir jangka panjang September-Desember. Bisa dimulai dari soal karir, kehidupan pribadi, keluarga, keuangan, bisnis, dan lainnya. Tulis saja semua hal yang ingin dicapai dalam sebuah buku catatan. Tidak perlu memikirkan muluk-muluk. Tulis saja dahulu.
  2. Buat serealistis mungkin untuk dicapai
    Untuk mencapai resolusi itu, mulailah dari hal yang mudah dan realistis untuk dicapai. Seiring waktu yang unpredictable atau di luar dugaan akan mengikuti. Percayalah mengapa kita harus tidak yakin? Berpikirlah akan hal yang positif. Apabila Anda masih memiliki resolusi 2020 yang belum tercapai, ini saatnya untuk merealisasikannya. Secara alam bawah sadar, ia akan menuntun kita untuk mencapainya. Kalau sampai tidak terwujud, jangan panik dan merasa gagal. Anda masih harus tetap fokus untuk terus melakukan hal positif lainnya dan mencapai resolusi lainnya.
  3. Lakukan double action untuk mencapainya
    Anda sudah menulisnya, maka jangan bermalasan dan malah rebahan! Lakukan double action semaksimal mungkin usaha Anda. Buatlah langkah-langkah untuk mewujudkannya. Tugas kita kan berusaha dan berdoa? Sisanya kita perlu berserah kembali padaNya. Mungkin kita masih menghadapi situasi sulit melawan virus corona, tapi jangan patahkan semangat kita untuk terus melangkah maju. Dunia sudah cukup dibuat payah sepanjang 2020, tetapi juga jangan lekas mengaggap remeh pandemic tersebut. Protokol kesehatan tetap perlu kita junjung, ini bukan soal Anda pribadi, tetapi juga kepedulian kita terhadap sesama. 
Sampai sini, Anda sudah punya resolusi, kan? Yuk segera tulis di buku catatan Anda sekarang. Jika artikel ini bermanfaat, tolong beri komentarnya di bawah, ya! Jangan lupa untuk share link artikel ini biar Saya makin semangat untuk menulis.

Suka Dengan Dunia Bisnis? Yuk Download Free E-booknya di Sini : Free Ebook Manage Your Business!

 

You Might Also Like

0 comments

Pengaturan komentar ini menggunakan moderasi. Harap bersabar ya. Terima kasih atas komentar yang dikirimkan.

Dapoer Sate Maranggi Seeu Haah

OFFICIAL WEBLOG OF

OFFICIAL WEBLOG OF
Provides you with information about Human Resource, Business, and Personal Development