Mengenal Kepribadian Gaya 'I', Si Antusias

Sabtu, Januari 02, 2021


Si Antusias

Orang dengan kepribadian gaya DiSC i cenderung menekankan pada pembentukan lingkungan dengan mempengaruhi atau membujuk orang lain. 

Sebelumnya, jika Anda belum memahami apa itu DiSC sebaiknya baca terlebih dahulu
    1. Mengenal Kepribadian Diri Dengan Model DiSC
    2. Mengenal Kepribadian Tipe D
Gaya I dimotivasi oleh pengakuan sosial, aktivitas kelompok, dan hubungan. Mereka memprioritaskan tindakan, kolaborasi, dan mengekspresikan antusiasme. Mereka juga sering digambarkan sebagai orang yang hangat, mudah percaya, optimis, penarik seperti magnet, antusias, dan meyakinkan. 

Ketakutan terbesarnya adalah kehilangan pengaruh, ketidaksetujuan, diabaikan, dan penolakan. Sedangkan ia memiliki nilai sikap dalam pembinaan dan konseling, kebebasan berekspresi, dan hubungan yang demokratis. 

Seseorang dengan gaya I memiliki penggunaan yang berlebihan pada optimisme dan pujian. Ia dapat mempengaruhi orang lain melalui pesona, optimisme, dan energinya. Dalam menghadapi konflik, ia lebih cenderung untuk mengungkapkan perasaannya dan gosip. 

Namun seberanya, ia dapat meningkatkan efektivitas dengan cara menjadi orang yang lebih obyektif dan menindaklanjuti tugas, sebab seringkali ia mengikuti moodnya saja. 

Pola Klasik dalam DiSC, gaya I adalah seorang Promotor, Pembujuk, Konselor, dan Penilai. 

Goal Gaya I 

Gaya I cenderung memiliki tujuan seperti: 

  1. Mencapai kemenangan dengan bakat 
  2. Mengejar persahabatan dan kebahagiaan 
  3. Mencapai status melalui otoritas dan prestise 
  4. Mencari persetujuan dan menjadi populer 
  5. Membangkitkan kegembiraan 

Tantangan Gaya I 

Gaya I mungkin perlu mengeluarkan lebih banyak energi untuk: 
  1. Menjadi teratur, karena sifatnya yang antusias dan cenderung ambisius, mereka seringkali melakukan segala hal yang ingin dicapai hingga terkesan serampangan. 
  2. Meneliti fakta. Mereka yang memiliki preferensi gaya I cenderung memiliki rasa mudah percaya sehingga sulit untuk meneliti fakta yang ada 
  3. Menahan impuls. Kepribadiannya yang terlihat enerjik penuh tenaga membuat ia ingin selalu tampil di muka umum dan butuh pengakuan social untuk tetap terlihat sehingga mereka perlu energi lebih untuk menahan impuls tersebut. 
  4. Berbicara secara langsung dan terus terang. Ia seringkali menggunakan pesonanya untuk menarik perhatian orang sehingga butuh energy lebih untuk berbicara secara langsung dan berterus terang. 
  5. Tetap fokus untuk waktu yang lama. Mereka yang terlalu enerjik, ambisius, dan ingin melakukan serta mencapai banyak hal seringkali sulit untuk fokus, maka mereka perlu berlatih dan energi lebih untuk hal ini 
  6. Meninindaklanjuti sepenuhnya. Mereka cenderung terlalu percaya, antusias, dan sulit meneliti fakta. Sehingga perlu juga energi lebih untuk menindaklanjuti segala sesuatu sepenuhnya. 

Gaya I dalam kepemimpinan 

Gaya I suka mengambil ide baru dan menjalankannya. Mereka memberi energi pada tim dan membangun antusiasme untuk proyek. Mereka juga bisa menjadi pemimpin yang tidak menentu yang melihat sedikit kebutuhan untuk konsistensi atau kehati-hatian. Mereka sering kali menampilkan karakteristik kepemimpinan seperti ini: 
  1. Memberi energi 
  2. Kepeloporan 
  3. Menegaskan 

Variasi gaya I 

Ingatlah bahwa setiap orang adalah campuran dari keempat gaya DiSC, yaitu: D, i, S, dan C. Tetapi kebanyakan orang cenderung sangat menyukai satu atau dua gaya. Jika gaya Anda berbatasan dengan gaya lain, Anda juga dapat menunjukkan ciri-ciri yang terkait dengan gaya itu. Jadi, gaya i sering menunjukkan ciri-ciri yang terkait dengan gaya D dan S. 

Gaya iD 

Gaya iD cenderung berenergi tinggi, karismatik, dan suka berpetualang, memengaruhi orang lain melalui keberanian dan semangat mereka. Ia memiliki sifat untuk berenergi tinggi, tenang, persuasif, terbuka, ambisius, mempromosikan diri sendiri, berpengaruh, tidak sabar, suka berpetualang, dan karismatik. 

Sasarannya dalam bersikap adalah popularitas, terobosan menarik, dan prestise. Ketakutan terbesarnya adalah lingkungan yang kurang dinamis, kehilangan persetujuan atau perhatian. 

Mereka dapat mempengaruhi orang lain melalui keberanian dan gairah. Dalam penggunaan yang berlebihan ia terlihat lebih impulsive dan blak-blakan. 

Dalam menghadapi konflik ia lebih cenderung mengungkapkan perasaan hingga menjadi terlalu dramatis. 

Pada dasarnya, sebenarnya, ia dapat meningkatkan efektivitas melalui fokus pada detail, kesabaran, mendengarkan orang lain. 

Soal kualitas kepemimpinan ia akan berusaha untuk meregangkan batasan, menemukan peluang, dan menginspirasi tindakan dalam diri orang lain. Dapat dianggap memaksa, mengintimidasi, atau tidak tulus. 

Gaya iS 

Gaya iS cenderung hangat, ramah, dan mudah bergaul. Mereka dapat memengaruhi orang lain melalui keramahan dan empati mereka. 

Sifatnya adalah hangat, ramah, menerima, kolaboratif, empatik, ceria, menantang tenggat waktu, menghindari konflik, dan mudah bergaul.

Tujuannya cenderung untuk membentuk persahabatan. Ketakutannya adalah menekan orang lain dan tidak disukai. Mereka dapat mempengaruhi orang lain dengan keramahan dan empati. 

Pada penggunaan yang berlebihan ia dapat memiliki kesabaran dengan orang lain serta pendekatan tidak langsung dengan menggunakan orang lain atau hal lain. 

Dalam konflik ia cenderung untuk mencari dukungan emosional serta memikirkan hubungan yang terluka. Ia dapat meningkatkan efektivitas dengan cara mengakui kekurangan orang lain dan menghadapi masalah. 

Kualitas kepemimpinan: suportif, hormat, dan positif. Mereka bisa juga tidak langsung dan menghindari konflik. 

Cara Berkomunikasi

Saat berkomunikasi dengan individu Gaya I, bagikan pengalaman Anda, dan beri mereka waktu untuk mengajukan pertanyaan dan berbicara sendiri. Fokus pada hal-hal positif, hindari membebani mereka dengan detail, dan cobalah untuk tidak mengganggu.















You Might Also Like

0 comments

Pengaturan komentar ini menggunakan moderasi. Harap bersabar ya. Terima kasih atas komentar yang dikirimkan.

Dapoer Sate Maranggi Seeu Haah

OFFICIAL WEBLOG OF

OFFICIAL WEBLOG OF
Provides you with information about Human Resource, Business, and Personal Development