Si Penjaga Perdamaian Pemilik Gaya S Dalam DiSC

Rabu, Januari 06, 2021
Si Penjaga Perdamaian

Si Penjaga Perdamaian

Pada postingan sebelumnya, Saya sudah membahas gaya kepribadian D dan I, di postingan ini akan Saya jabarkan gaya kepribadian S dalam profil DiSC.

 

Baca artikel sebelumnya :

  1. Mengenal Kepribadian Gaya 'D', Si Dominan
  2. Mengenal Kepribadian Gaya 'I', Si Antusias

Apakah di sekeliling Anda pernah ada orang yang cenderung stabil dalam emosinya, senang untuk berkawan dan menjaga damai di antara sekelilingnya? Bisa jadi ia memiliki preferensi gaya kepribadian S, Steadiness, yaitu kemantapan atau kestabilan.

Orang dengan kepribadian gaya S dalam DiSC memang didominasi oleh kecenderungan yang menekankan pada kerja sama dengan orang lain dalam keadaan yang ada untuk melaksanakan tugas. Gaya S dimotivasi oleh kerja sama, kesempatan untuk membantu, dan penghargaan yang tulus. Mereka memprioritaskan memberi dukungan, berkolaborasi, dan menjaga stabilitas. Mereka juga sering digambarkan sebagai orang yang tenang, sabar, dapat diprediksi, disengaja, dan konsisten.

Mereka memiliki ketakutan pada perubahan baik mendadak atau dengan proses, kehilangan stabilitas, menyinggung orang lain, atau mengecewakan orang. Tapi ternyata, mereka memiliki nilai dalam hal loyalitas, membantu orang lain, dan keamanan.

Apakah ada teman atau rekan kerja dalam tim yang seperti ini?

Seringkali penggunaan kepribadian S yang berlebihan juga dapat terlihat pada kesopanan, perlawanan yang pasif baik melalui tindakan atau percakapan tidak langsung, dan bahkan bisa sampai terlalu mengandalkan kompromi pada hal apapun. Contohnya seperti : apabila ia ingin menyuruh rekan kerjanya dan memintanya pertolongan untuk melakukan sesuatu, ia cenderung melakukan kompromi terlebih dahulu agar tidak menyinggung atau melukai perasaan rekannya tersebut. Ia si S bisa saja menawarkan hal lain yang ia dapat kerjakan dari rekannya tersebut agar si rekan dapat mengerjakan bagian yang ia rasa sulit baginya itu walaupun rekan kerjanya tidak melulu menyukai cara yang demikian.

Ia dapat mempengaruhi orang lain dengan akomodasi tingkah laku, yaitu menyesuaikan tingkah lakunya dengan orang yang sedang ia ingin capai tujuannya atau pendekatan. Ia juga dapat mempengaruhi dengan melakukan kinerja yang konsisten, artinya pekerjaan yang terus berulang dilakukan.

Dalam menghadapi konflik mereka lebih cenderung mendengarkan perspektif orang lain untuk menjaga kebutuhan mereka sendiri. Artinya mereka lebih suka mendengar masukan saran pendapat orang lain untuk menjalankan misinya, kurang bisa untuk mengambil sikap di jalannya sendiri.

Sebenarnya dapat meningkatkan efektivitas dengan cara menunjukkan lebih percaya diri, dan mengungkapkan perasaan mereka yang sebenarnya.

Pola Klasik dalam DiSC adalah Spesialis, Pencapaian, Agen, Penyelidik

Tujuan gaya S

Gaya S cenderung memiliki tujuan, yaitu :
  1. Menumbuhkan harmoni dan stabilitas
  2. Berjuang untuk pencapaian tim
  3. Temukan penerimaan kelompok
  4. Mencapai kekuasaan melalui peran formal dan posisi otoritas
  5. Menjaga status quo dan pengendalian lingkungan

Tantangan Gaya S

Dengan berbagai sifat kelebihan yang dimilikinya, sehingga gaya S mungkin perlu mengeluarkan lebih banyak energi untuk:
  1. Cepat beradaptasi dengan perubahan atau ekspektasi yang tidak jelas. Karena terlalu nyaman dengan keadaan membuat mereka sulit untuk menerima perubahan terlebih suatu hal yang menurutnya tidak jelas arahnya.
  2. Multitask. Karena cenderung lebih suka bekerja dalam tim dan mengandalkan orang, mereka memiliki kesulitan dalam hal pekerjaan yang dituntut untuk dilakukan bersamaan.
  3. Mempromosikan diri mereka sendiri. Senang berada dalam kerjasama tim, membuat mereka cenderung pasif dan hanya mengikuti alur di dalam kelompok sehingga butuh ekstra dalam melakukan hal ini.
  4. Menghadapi orang lain. Mereka adalah tipe orang yang tidak terlalu dinamis sehingga sulit untuk berhadapan dengan banyak karakter yang berbeda-beda dalam satu waktu.
  5. Mengatasi keragu-raguan. Mereka senang melakukan hal secara kerjasama di dalam tim, seringkali mengandalkan dominasi dari anggota tim lainnya sehingga timbul rasa keraguan yang pada akhirnya ia harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mengatasinya.
  6. Tahan akomodasi tingkah laku yang berlebihan. Sifat dasarnya yang dapat mempegaruhi orang lain dengan cara ini seringkali mereka harus menahan diri untuk tidak menyamakan tingkah lakunya yang berlebihan terhadap orang yang berada di sekelilingnya.

Gaya S dalam kepemimpinan

Pemimpin gaya-S adalah kolaborator alami yang suka mencapai konsensus dan menciptakan situasi win-win. Namun, terkadang mereka bisa menjadi pasif dan terlalu percaya, membiarkan orang lain memanfaatkan sifat suportif dan sabar mereka. Mereka sering menampilkan karakteristik kepemimpinan seperti ini:
  1. Inklusif
  2. Merendahkan
  3. Menegaskan

Variasi gaya S

Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap orang adalah kolaborasi dari keempat gaya DiSC. Gaya S sering menunjukkan ciri-ciri yang terkait dengan gaya i dan C yang dijelaskan lebih rinci sebagai berikut:

Gaya Si

Gaya Si cenderung murah hati, mudah didekati, dan penyayang, memengaruhi orang lain dengan menunjukkan empati dan kesabaran. Sifat: kolaboratif, disukai, berjiwa tim, positif, bersemangat, menghindari konflik, berlebih-lebihan, mudah didekati, murah hati, dan penyayang.

Dalam benaknya cenderung memiliki tujuan seperti penerimaan dan hubungan dekat. Serta memiliki rasa ketakutan apabila dipaksa untuk menekan orang lain dan menghadapi agresi. Namun ia dapat mempengaruhi orang lain dengan cara menunjukkan empati dan bersabar.

Penggunaan berlebihan akan terlihat pada kebaikan dan koneksi pribadinya kepada orang-orang sekelilingnya. Dalam konflik ia dapat menunjukkan empati dan menyoroti masalah yang ada. Untuk meningkatkan efektivitas sebenarnya dapat ia lakukan dengan mengatakan "tidak" bila perlu dan mengatasi masalah yang muncul.

Kualitas kepemimpinan: Pemimpin gaya Si cenderung santai, sabar, dan mendukung staf serta kolega mereka. Mereka terkadang kesulitan menghadapi masalah dan mengakui kekurangan orang lain.

Gaya SC

Gaya SC cenderung akomodatif dalam bertingkah laku, sabar, dan dapat diandalkan, mempengaruhi orang lain melalui diplomasi dan pengendalian diri. Memiliki sifat seperti stabil, konsisten, dapat diprediksi, akomodatif, sabar, tidak fleksibel, dapat dikendalikan sendiri, bijaksana, dan bersuara lembut.

Berbeda dengan Gaya Si, mereka SC memiliki sasaran lingkungan yang tenang, sasaran tetap, dan kemajuan yang stabil. Ketakutan ada pada tekanan waktu, ketidakpastian, dan kekacauan.

Mempengaruhi orang lain dengan diplomasi, pengendalian diri, dan konsistensi. Terkadang penggunaan sikap yang berlebihan ada pada kesediaan untuk membiarkan orang lain memimpin dan kerendahan hati.

Dalam konflik mereka cenderung mendorong sikap tenang dan mundur dari konflik. Sebenarnya dapat meningkatkan efektivitas dengan cara memulai perubahan dan angkat bicara.

Kualitas kepemimpinan: Pemimpin bergaya SC dapat menjadi sederhana dan berpikiran adil, memberikan hasil yang dapat diandalkan melalui kemantapan dan konsistensi. Mereka juga bisa menjadi kaku, terlalu berhati-hati, dan takut untuk melampaui status quo.

Cara Komunikasi dengan Gaya S

Saat berkomunikasi dengan individu bergaya S DiSC, jadilah pribadi sendiri dan ramah, tunjukkan minat Anda pada mereka dan apa yang Anda harapkan dari mereka. 

Itulah penjelasan mengenai orang dengan preferensi gaya S dalam DiSC. Apakah Anda termasuk di dalamnya? Bisa jadi Andalah pemilik profil ini.

Belum Tahu Apa itu DiSC? Baca Di Sini : Mengenal Kepribadian Diri Dengan Model DiSC






 



You Might Also Like

0 comments

Pengaturan komentar ini menggunakan moderasi. Harap bersabar ya. Terima kasih atas komentar yang dikirimkan.

Dapoer Sate Maranggi Seeu Haah

OFFICIAL WEBLOG OF

OFFICIAL WEBLOG OF
Provides you with information about Human Resource, Business, and Personal Development