Tipe C si Analis

Minggu, Juni 13, 2021
Pola Klasik tipe C dalam DiSC: Pemikir Objektif, Perfeksionis, Praktisi

Gaya Kepribadian Tipe C atau Conscientiousness, berdasarkan Teori DISC oleh Dr. Marston adalah pribadi yang menekankan gaya kerja dengan sungguh-sungguh pada tingkat akurat, tepat, berorientasi pada detail, dan teliti. Mereka berpikir secara analitis dan sistematis, serta dengan hati-hati membuat keputusan dengan banyak penelitian dan informasi untuk mendukungnya. Gaya C DISC perfeksionis dan memiliki standar yang sangat tinggi untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Karena mereka fokus pada detail dan melihat apa yang tidak dimiliki banyak gaya lain, mereka cenderung menjadi pemecah masalah yang baik dan orang yang sangat kreatif.

Apa ketakutan terbesar Tipe "C"?

Karena Ia sangat bangga untuk menjadi akurat dan benar, maka ketakutannya adalah kritik dan kesalahan serta tampilan emosi yang kuat.

Apa lingkungan yang ideal untuk Tipe "C"?

Tipe Kepribadian C lebih menyukai lingkungan yang damai dan terorganisir dengan sedikit atau tanpa konflik atau argumen. Mereka tidak perlu bersosialisasi di tempat kerja dan akan baik-baik saja ketika bekerja sendiri. Mereka berkembang dalam lingkungan di mana mereka dapat mengikuti tugas dan pekerjaan hingga selesai. Gaya C terutama unggul dalam fungsi khusus atau teknis karena perhatiannya terhadap detail. Si C merasa paling aman ketika ada prosedur dan rutinitas, dan saat mereka diberi instruksi serta kepastian bahwa mereka dapat melakukan apa yang diharapkan dari mereka.

Hal yang paling sering mereka gunakan adalah dalam hal menganalisa dan pengekangan terhadap sesuatu yang dianggapnya tidak sesuai dengan apa yang mereka yakini. 

Di balik itu, mereka dapat mempengaruhi orang lain dengan logika dan standar yang ketat.

Dalam konflik, mereka dapat berfokus pada logika dan objektivitas serta dapat mengalahkan fakta. Di sisi lain mereka dapat meningkatkan efektivitas melalui pengakuan terhadap perasaan orang lain serta melihat sesuatu di luar data yang ada.

Pola Klasik dalam DiSC: Pemikir Objektif, Perfeksionis, Praktisi

Apa yang paling diinginkan oleh Gaya Kepribadian C ?

Tipe kepribadian C menginginkan kemandirian dan otonomi, tetapi juga lingkungan kerja yang terkontrol dan terorganisir. Mereka membutuhkan jaminan bahwa mereka melakukan apa yang diharapkan dan lebih memilih deskripsi pekerjaan yang akurat, harapan, dan tujuan yang akan ditetapkan. Mereka menginginkan hal-hal tidak berubah, tetapi jika perubahan diperlukan, itu dipikirkan dan direncanakan dengan baik. C memang menginginkan kepastian dari orang lain dan takut dikritik.

Apa yang harus diingat ketika bekerja dengan Tipe Kepribadian C?

Saat bekerja dengan Gaya Kepribadian C, sebaiknya bersiaplah jika memungkinkan. Lakukan riset dan persiapkan kasus Anda sebelumnya. Perhatikan detailnya karena inilah yang menjadi fokus C. Ketika Anda dapat mendukung pernyataan atau ide dengan data atau contoh yang akurat, itu sangat membantu. Kirimkan deskripsi pekerjaan atau spesifikasi pekerjaan untuk memberi mereka parameter dan detail, dan bicarakan tentang bagaimana tugas yang berbeda sesuai dengan rencana gambaran besar. Bersikaplah sistematis dan logis dalam pemikiran dan perencanaan Anda, dan spesifik ketika setuju atau tidak setuju. Ketika tidak setuju, bekerjalah dengan gunakan fakta bukan contoh orang. Bersabarlah, gigih dan diplomatis, dan ingatlah bahwa mereka takut dikritik.

Apa yang harus diingat untuk tidak dilakukan ketika bekerja dengan Tipe Kepribadian C?

Jangan berbicara dalam generalisasi yang luas tanpa spesifik; gunakan detail dan penjelasan jika memungkinkan. Cobalah untuk tidak menjawab pertanyaan terlalu samar atau santai, karena mereka membutuhkan informasi dan data untuk memahami rencana dan keputusan baru. Jangan mengkritik pekerjaan yang telah mereka lakukan, karena mereka sangat bangga dengan pekerjaan mereka. Jika Anda perlu memberikan umpan balik ke tipe C, berikan contoh yang spesifik dan diplomatis. Hindari bersikap konfrontatif karena mereka tidak akan merespons dengan baik dan akan menutup diri.

Secara garis besar, C cenderung memiliki tujuang seperti :

  1. Tetap pada proses objektif
  2. Akurat dan benar
  3. Menunjukkan stabilitas dan keandalan
  4. Memperoleh pengetahuan dan keahlian
  5. Melanjutkan pertumbuhan pribadi
  6. Ikon tantangan

Gaya C mungkin perlu mengeluarkan lebih banyak energi untuk:

  1. Menahan diri untuk tidak terlalu kritis atau terlalu menganalisis dan mengisolasi diri mereka sendiri
  2. Melepaskan dan mendelegasikan tugas
  3. Kompromi untuk kebaikan tim
  4. Bergabung dalam acara sosial dan perayaan
  5. Membuat keputusan cepat
  6. Menjadi ikon kepemimpinan

Gaya C dalam kepemimpinan dan tim

Pemimpin gaya-C bisa teliti, disiplin, dan rajin, memberikan hasil berkualitas tinggi melalui analisis dan perencanaan yang cermat. Mereka juga bisa menjadi perfeksionis yang menghindari risiko, yang mungkin tidak cukup memperhatikan elemen manusia.

Gaya C adalah pengatur naluriah yang dapat membuat dan memelihara sistem. Mereka berusaha untuk konsistensi, logis, dan akurasi serta melakukan pekerjaan yang sangat baik. Mereka mengajukan pertanyaan penting dan membicarakan masalah yang dapat menghambat propekerjaan. Mereka adalah manajer "lakukan sendiri" yang berpusat pada tugas dan akan melihat sesuatu sampai selesai. Mereka menekankan kualitas, berpikir logis, dan mengupayakan pendekatan diplomatik dan konsensus dalam kelompok.

Meskipun gaya C takut kritik dari orang lain, terutama untuk pekerjaan mereka sendiri, mereka cenderung terlalu kritis terhadap orang lain akibat perhatian mereka terhadap detail tersebut. Saat melakukan ini, lebih mudah untuk menemukan semua kesalahan. Sangat penting untuk berkonsentrasi pada melakukan hal yang benar dan tidak hanya melakukan hal yang benar. Saat bekerja dalam tim, gaya C harus terbuka terhadap ide dan metode orang lain dan bergerak cepat untuk mencapai tujuan tim. Si C dipandang sebagai introvert dan mungkin perlu lebih berkonsentrasi pada orang lain untuk membangun hubungan yang kuat, karena mereka cenderung lebih didorong oleh tugas dan ingin bekerja sendiri. Kadang-kadang, C perlu mendorong diri mereka sendiri untuk menjadi tegas dan mengambil risiko, bahkan jika semua penelitian tidak ada untuk mendukungnya.

Gaya C sering menampilkan karakteristik kepemimpinan seperti:

  • Tenang dan berhati-hati
  • Sederhana
  • Tegas

Apakah kamu termasuk memiliki gaya kepribadian tipe C?

Lihat Gaya Kepribadian Lainnya :

 

You Might Also Like

0 comments

Pengaturan komentar ini menggunakan moderasi. Harap bersabar ya. Terima kasih atas komentar yang dikirimkan.

Dapoer Sate Maranggi Seeu Haah

OFFICIAL WEBLOG OF

OFFICIAL WEBLOG OF
Provides you with information about Human Resource, Business, and Personal Development