Apa Yang Sebenarnya terjadi setelah proses Interview? Kenapa HR perusahaan butuh waktu lama untuk hiring?

Rabu, November 11, 2020

 


Saat lamaran CV kita direspon oleh perusahaan tempat kita melamar, rasanya seperti ada secercah harapan, terlebih saat diundang untuk datang interview. Well, dibutuhkan waktu beberapa hari bahkan minggu dari sejak kita mengirimkan lamaran sampai tim HR memanggil untuk proses interview, namun ada juga yang hanya dalam hitungan hari saja.

Proses seleksi karyawan ada beberapa tahapan tergantung pada kebijakan suatu perusahaan. Mulai dari psikotes, interview HRD, interview user, bahkan sampai direksi pun bisa langsung turun tangan untuk memilik kandidat yang tepat dengan kebutuhan perusahaannya. Tapi di beberapa perusahaan ada juga yang tidak perlu melakukan psikotes atau hanya sampai tahap interview dengan 2 interviewer saja. Bisa jadi selain dari outstanding-nya sebuah CV saat pertama kali dibaca, budaya dan lingkungan perusahaan juga ikut mempengaruhi kebijakan dan keputusan yang diambil untuk memilih kandidat. Tidak selamanya Anda dilihat hanya dari pendidikan yang tinggi saja atau bahkan memiliki banyak lisensi sertifikasi. Attitude Anda pun ikut dipertaruhkan di perusahaan tersebut. Secara teknisnya memang hanya para interviewer yang akan lebih mengenal profile calon kandidatnya. Bahkan sekalipun Anda merasa bahwa yakin 100% diterima, ternyata sampai proses akhir perusahaan masih belum memberikan informasi offering. Atau Anda merasa proses interview yang begitu panjang dan terkesan lama. Kok bisa?

Memang tidak semua perusahaan butuh waktu cepat, tetapi juga tidak butuh waktu lama. Proses itu semua tergantung pada kebutuhan, kondisi, dan waktu yang tepat untuk setiap Perusahaan. Di bawah ini akan dijelaskan dibalik proses rekrutmen setelah interview calon karyawan yang tidak semua orang tahu dan pahami. 

1. "Candidate Contest" Hasil interview
Istilah apa ini? Apakah seperti kontes kecantikan ratu sejagat? Jelas, bukan! Istilah ini sebenarnya jarang digunakan, namun dapat cukup menggabarkan sebenarnya apa yang dilakukan. Biasanya HR akan membuat list hasil interview dari semua kandidat yang telah di-interview beserta dengan komentar atau rekomendasi mengenai deskripsi plus - minus dari setiap kandidat, digabungkan dengan kebutuhan yang diminta untuk sampai pada pengambilan keputusan. Jika telah dilakukan psikotes, maka hasilnya pun ikut dilampirkan sebagai data pendukung. Beberapa perusahaan menerapkan berbagai macam alat psikotes yang dalam scoring-nya membutuhkan waktu lebih lama.

2. Interview User
Bila tahap pertama interview dengan HR, maka selanjutnya HR akan merekomendasikan beberapa kandidat untuk diajukan interview dengan user. Namun, di beberapa tahapan proses seringkali pada tahap pertama interview HR, di hari yang sama bisa langsung ekskalasi interview user apabila hasilnya direkomendasikan. Bahkan bisa ekskalasi sampai Direktur apabila dibutuhkan, sehingga prosesnya tidak membutuhkan waktu beberapa hari, tetapi hanya dalam sekali proses. Hal ini dapat mempermudah kerja HR dan dapat mengefisienkan waktu proses interview. Alasan lain kenapa sampai dibutuhkan beberapa hari adalah masalah timing yang pas, HR juga perlu mencocokan jadwal antara user dengan si kandidat.

3. Reference Checking
Selain 2 hal yang disebutkan di atas, HR juga perlu melakukan referensi cek mengenai calon kandidat. Bagaimana caranya? Tidak ada hukum yang pasti, HR juga perlu mengefisienkan dan mengefektifkan proses interview. Proses kroscek dapat dilihat dari media sosial yang dimiliki calon karyawan, informasi dari perusahaan sebelumnya, komunitas yang diikuti, atau hal lainnya dapat HR atau user lakukan di luar dugaan si calon kandidat. Untuk apa? Ya di beberapa kondisi dan untuk posisi tertentu ini perlu dilakukan untuk lebih mengenal calon karyawannya. Tak kenal maka tak sayang. Perumpamaan ini sedikit banyaknya juga dibutuhkan. 

4. Document and Info Validation
Jika sudah ada keputusan nama calon karyawan yang akan di hire, beberapa perusahaan menerapkan validasi dokumen sebagai tahapan lebih lanjut untuk dapat membuat keputusan mengenai paket terbaik yang dapat diberikan, seperti gaji pokok, tunjangan-tunjangan (jabatan, makan, transportasi, komunikasi, atau lainnya), dan atau benefit lainnya. HR akan kembali menghubungi kandidat terpilih dan meminta beberapa dokumen si calon karyawan tersebut yang dapat berupa slip gaji 3 bulan terakhir, sertifikat profesi yang dimiliki (jika ada), update CV, dan atau lainnya sesuai kebijakan yang diterapkan di perusahaan. Mungkin dalam proses ini juga, HR kembali melakukan negosiasi gaji dengan meminta ekspektasi gaji paling minimal yang diinginkan karyawan dan notice period kapan mulai join di perusahaan.

5. Approval Form dan Offering Preparation
Dalam proses internal di HR, biasanya perlu disiapkan beberapa dokumen sebelum HR melangkah untuk memberikan offering kepada kandidat yang benar-benar terpilih dari semua proses yang ada di perusahaan tersebut. Dokumen apakah itu? Itu adalah approval form yang berisikan data gaji dan atau benefit yang akan diberikan ke karyawan beserta persetujuan para pihak terkait yaitu user, HR Head/GM/Manager, dan bisa sampai posisi Direktur ikut memberikan tanda tangannya. Kenapa butuh menunggu semua pihak menandatangani? Sebenarnya ini adalah alasan yang cukup krusial ada di dalam internal HR. Pada dasarnya HR menerapkan proses kerja by data, semua terjadi bukan hanya sekedar cukup dengan omongan saja. Setelah semua pihak sudah menyetujui maka HR juga menyiapkan offering letter atau di beberapa perusahaan langsung dibuatkan kontrak kerjanya. Sampai tahap ini HR sudah siap menghubungi calon karyawannya kembali untuk memberikan berita gembira.

Mau download contoh CV Klik di sini : DONWLOAD GRATIS 50 TEMPLATE CV

Nah, sekarang sudah jelas tergambarkan sebenarnya ada apa dibalik proses interview dan kenapa butuh waktu lama?Dari semua proses di atas adalah bukan suatu tahapan, namun penjelasan keseluruhan apa yang terjadi. Apabila kebutuhannya bersifat urgent, seringkali semua proses di atas dapat juga dilakukan dalam waktu yang lebih singkat dari bisanya Jika Anda yang membaca adalah HR, apakah ada proses yang terlewat? Share ya bagaimana kalau ditempat Anda.



You Might Also Like

1 comments

Pengaturan komentar ini menggunakan moderasi. Harap bersabar ya. Terima kasih atas komentar yang dikirimkan.

Dapoer Sate Maranggi Seeu Haah

OFFICIAL WEBLOG OF

OFFICIAL WEBLOG OF
Provides you with information about Human Resource, Business, and Personal Development